Rabu, 06 Februari 2013

Faktor faktor penyebab sex bebas


Seks bebas merupakan tingkah laku yang didorong oleh hasrat sexual yang ditujukan dalam bentuk tingkah laku. Faktor-faktor yang menyebabkan seks bebas karena danya pertentangan dari lawan jenis, adanya tkanan dari keluarga dan teman. Dari tahun ke tahun data remaja yang melakukan hubungan seks bebas semakin meningkat, dari 5% pada tahun 1980-an menjadi 20% di tahun 200 dan meningkat drastis pada tahun 2010 menjadi 75%. Hal ini terbukti dalam penelitian dari KOMNAS Perlindungan anak ataupun BKKBN, mengenai perilaku remaja yang melakukan hubungan seks pra nikah. Ironisnya, hal ini bukan hanya menimpa wilayah desa namun juga sudah merambah ke kota-kota besar seperti Medan, Bandung, Jakarta, Surabaya, Dan Yogyakarta.
            Hasil senada juga ditunjukkan oleh riset yang dilakukan ileh YAYASAN Kita dan Buah Hati (YKB) selama tahun 2010. Pada awalnya riset YKB lebih kea rah kesiapan anak menghadapi masa pubertasnya. Tetaoi hal mengjutkan terjadi ketika YKB menemukan bahwa anak-anak kelas 4-5 SD justru memberikan informasi mengenai sejauh mana mereka telah mengetahui tentang pornografi, tentu saja hal ini sangat mngejutkan. Kecenderungan perilaku seks bebas dikalangan usia 13 hingga 18 tahun ini tentu saja membawa dampak tidak hanya pada rentannya kesehatan alat reproduksi, selain meningkatnya kasus penularan HIV/AIDS, tetapi juga tingginya kasus kehamilan di luar nikah yang memicu permasalahan lain seperti praktek aborsi illegal. Hal ini bagaikan efek domino yang dipicu dari habitat awal dimana seharusnya anak dan remaja ini tumbuh dan berkembang denga sehat jasmani maupun rohani.
Ada suatu pesan yang menarik dan membuat kita terhenyak yaitu : “Seks bebas adalah bencana nasional yang menimpa generasi muda dan mengancam ketahanan Negara, hal ini bukan hanya menjadi suatu fakta yang hanya didengar oleh telinga saja, tapi hal ini harus di dengar oleh hati. Hal ini sangat memilukan namun masih bisa ditanggulangi” (Elly Kasim, Psikolog dari Yayasan Kita dan Buah hati dalam acara Kick Andy tanggal 23 Januari 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar